4 Cara Melindungi Anak Dari Pelecehan Seksual

Akhir-akhir ini sudah banyak terjadi pelcehan seksual pada anak dibawah umur, seperti yang terjadi pada seorang anak gadis dibawah umur yang di nodai oleh 14 orang pemuda  tak berhati hingga menghilangkan nyawa anak tersebut. Mungkin banyak orang bertanya, apakah anak ini berpakaian yang mengundang nafsu lawan jenis atau hal lainnya yang mengundang setan untuk melakukan tindakan tega kepada si anak. Tetapi pada dasarnya, kejadian seperti itu tidak murni dari kesalahan anak. Karena otak si tersangkalah yang membuatnya untuk melakukan perbuatan tak berkprimanusiaan tersebut. 


Dan kejadian tersebut sudah berulang kali terjadi di negara kita tercinta ini. Sehingga banyak menimbulkan statement buruk di mata dunia. Yang menganggap Indonesia kota berbahaya. Dan pastinya kejadian tersebut membuat banyak orang tua ketakutan dan membuat psikologis anak juga terganggu dan trauma. 

Untuk melindungi anak dari pelecehan seksual, perlu diberikan pengarahan yang tepat bagi anak untuk melindungi anak dari aksi kejahatan :

1.Beritahu anak tentang organ pribadi  

Terkadang anak tidak mengerti mana organ yang bisa disentuh dan mana organ yang tidak boleh disentuh. Oleh sebab itu, orang tua perlu mengajarkan anak sejak usia  dini organ mana saja yang tidak bisa disentuh sembarang orang. Dengan anak tahu, si anak akan mengerti jika ada orangyang menyentuhnya, ia akan menolak.

2.Perlindungan orang tua  

Orang tua memiliki peran penting bagi pertumbuhan si anak. Sebagai orang tua, kita harus lebih hati-hati dan waspada selalu atas segala tindak kejahatan yang mengancam anak. Berikan perlindungan yang baik pada anak, dan perhatian yang seharusnya anak dapatkan. Selain daripada itu, orang tua harus pintar memilih teman bagi anak dan sekolah yang baik baginya.  

3.Beritahu anak untuk berpakaian sopan  

Pakaian juga terkadang menjadi penyebab terjadinya pelecehan. Oleh karenanya, ajarkan anak untuk bepakaian sopan dan sewajarnya. Dan ajarkan nak untuk mengerti arti pakaian yang dikenakan, dan berpakaian yang tidak harus dia kenakan.  Beri tahu orang tua atau orang dewasa jika terjadi tindakan seksual.  

4.Memberikan pengarahan pada anak 

tidak takut memberi tahu orang tua juga amatlah penting untuk mencegah aksi  pelecehan seksual. Ajarkan anak untuk tidak takut memberi tahu ibu atau ayah bila ada yang mengancam keselamatan anak. Dengan seperti itu diharapkan tersangka akan takut untuk melakukan tindakan seksual.

Demikianlah Cara Melindungi Anak Dari Pelecehan Seksual. Dan yang terpenting, orang tua merupakan tokoh utama yang memiliki peran besar dalam tindakan pelecehan seksual.

0 Response to "4 Cara Melindungi Anak Dari Pelecehan Seksual"

Posting Komentar