3 Hal penting Saat Menyewa Rumah

Nilai sebuah rumah yang lumayan mahal, membuat banyak orang lebih meilih untuk menyewa dibanding membeli. Terkadang, pilihan sewa rumah murah ini diambil oleh pengantin baru yang keuangannya belum begitu mapan. Apalagi, baru menikah yang belum meiliki keturunan dan hanya berdua saja, sehingga belum terlalu membutuhkan rumah yang besar dan luas. Walaupun begitu, kadang ada saja orang yang memilih untuk menyewa rumah, walaupun anggota keluarga sudah cukup banyak.



Pastinya untuk pemilik rumah yang memiliki tempat untuk sewa, tidak masalah siapapun penyewanya. Yang penting, mereka melakukan hal yang sudah ditetapkan untuk rumah tersebut, antara lain:

1.Taat peraturan

Semua orang tentu memiliki aturannya sendiri-sendiri. Jadi, sebelum anda menyewa temmpat yang ingin anda sewa, ada baiknya cobalah tanyakan terlebih dahulu apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan untuk rumah tersebut. Seperti, bolehkah apabila Anda ingin memasang paku dibeberapa bagian tembok rumah, sebab hal ini akan membuat dinding menjadi sedikit berlubang. Bisa juga, bagian rumah mana saja yang termasuk hak Anda. Sebab, untuk rumah yang lumayan luas, biasanya pemilik hanya akan menyewakan beberapa area lahan saja.


2.Melunasi Pembayaran

Tentukan dengan baik seperti apa sistem pembayaran dari hunian yang Anda inginsewa. Apakah semua nilai pembayaran akan dibayarkan pada awal perjanjian sewaatau pembayaranbisa dibayar beberapa kali atau dibayar beberapa dimuka dan sisanya dibayarkan pada tanggal tertentu. Selain dari itu, terdapat beberapa pemilik hunia yang menetapkan deposito sebagai jaminkan atas sewa tersebut. Uang deposit ini nantinya akan disimpan oleh pemilik rumah untuk memcegah dari penyewa nakal yang dapat merugikan pemilik rumah pada suatu waktu.

3.Menjaga rumah

Walaupun rumah sewa tersebut  bukan rumah Anda sendiri, akan tetapi Anda wajib untuk merawat rumah tersebut dengan baik selama anda sedang menyewanya. Hal ini merupakan salah satu tanggung jawab Anda ketika anda meminjam atau menyewa dalam keadaan barang tersedia Merawat tidak berarti Anda perlu merenovasinya atau melakukan perbaikan sendiri ketika terjadi kerusakan yang diakibatkan bencana alam. Merawat memiliki artian yaitu, menjaga kebersihan dan keapikan rumah, dan meninggalkan rumah sewa tersebut dalam kondisi baik, setelah masa sewa telah habis waktunya. Sementara, untuk masalah perbaikan saat terjadi kerusakan dapat dibincangkan dengan penyewa rumah untuk memstikan bagaiman baiknya untuk hal tersebut.



Demikianlah Hal yang penting dilakukan untuk menyewa rumah. Ada baiknya, Anda lebih cermat sesaat menyewa rumah. Karena apabila Anda tidak memenuhi kewajiban yang ada pada rumah yang ingin Anda sewa, justru akan merugikan anda dan juga orang lain.

1 Response to "3 Hal penting Saat Menyewa Rumah"