7 Manfaat Makan Tomat Bagi Kesehatan

Rajin makan buah-buahan sangat baik untuk kesehatan, khususnya tomat. Tomat memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, antara lain mengobati kanker, sakit jantung, maupun diabetes. Buah tomat juga memiliki khasiat yang baik untuk rambut dan tubuh, untuk membuat rambut lebat dan juga sebagai masker tubuh. Tomat tidak hanya dikonsumsi sebagai tambahan pelengkap makanan namun juga dipakai untuk kepentingan lainnya terutama untuk kesehatan. 

7 Manfaat Makan Tomat Bagi Kesehatan

Berikut beberapa manfaat penting makan tomat bagi kita

1.Menormalkan Tekanan darah 

Mengurangi asupan natrium sangat penting untuk merunkan tekanan darah tinggi, namun meningkatkan asupan kalium juga mungkin sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium tinggi dikaitkan dengan penurunan risiko kematian dari semua penyebab hingga 20%. Dalam hal ini tomat juga tinggi akan kandungan kalium. 

2.Menyehatkan jantung 

Kolin, vitamin C, serat dan kalium merupakan nutrisi yang baik yang ditemukan dari buah tomat, semua itu dibutuhkan untuk mengatasi ganguan pada jantung. Peningkatan nutrisi kalium yang disertai dengan menurunkan nutrisi natrium merupakan berubahnya pola makan yang amat penting agar dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 
Asupan tinggi pada kalium mencegah kehilangan berat otot,  menjaga kelebihan mineral pada tulang, serta mengobati penyakit batu ginjal. 

3.Manfaat bagi penderita diabetes 

Hasil riset menunjukkan bahwa penderita diabetes yang memiliki serat tinggi memiliki kadar glukosa darah yang rendah, dan untuk diabetes tipe 2 mungkin mendapatkan efek baik untuk lipid, kadar gula darah dan insulin. Karena secangkit tomat menyediak 2gram serat baik. 

4.Kulit Lebih kencang 

Keberadaan Kolagen(zat untuk kulit), sangat bergantung pada vitamin C. Hal ini dikarenakan vitamin C merupakan nutrisi penting yang bekerja pada tubuh sebagai penangkal racun dan antioksidan yang berguna untuk sengatan panas matahari, polusi, garis-garis kerutan dan secara keseluruhan membuat kulit lebih kencang.. 

5.Mencegah sembelit 

Sembelit merupakan suatu kondisi yang amat menyiksa, dan apabila sering terjadi akan menimbulkan resiko kanker usus. Konsumsi makanan yang tinggi kandungan mineral dan serat seperti tomat bisa membantu untuk dehidrasi dan melancarkan BAB. Serat amat penting untuk mengatasi sembelit dan mengeluarkan feses hingga tak tersisia. 

6.Manfaat bagi kandungan 

Tomat selain itu juga mengandung folat. Dimana hal ini bermanfaat untuk melindungi janin dari resiko akan cacat tabung syaraf.

7.Mengatasi depresi 

Selain penting bagi janin, Asam folat yang terdapat dalam tomat juga dapat membantu meringankan depresi yaitu dengan cara mencegah kelebihan pembentukan homogstein tubuh. Kelebihan pda hormon ini dapat menghambat darah dan nutrisi agar dapat mencapai otak. Kelebihan homosistein juga dapat menghambat produksi hormon kesenangan yaitu serotonin, dopamine, dan norepinephrine, yang mengatur suasana hati, tidur dan nafsu makan juga. 

0 Response to "7 Manfaat Makan Tomat Bagi Kesehatan"

Posting Komentar