5 Penyebab Terbesar Terjadinya penyakit Demensia

Berbagai penyakit di zaman modern seperti sekarang ini memang sulit diprediksi. Penyakit kronis seperti jantung, stroke, dan kanker mengancam setiap manusia. Menjalankan pola hidup sehat setiap hari tentu bisa jadi satu cara mudah terhindar dari penyakit kronis. Satu penyakit dimana masih belum banyak diketahui publik adalah Demensia. 


5 Penyebab Terbesar Terjadinya penyakit Demensia

Penyakit Demensia terjadi dengan ciri utamanya adalah kehilangan ingatan dan kepribadian berubah secara cepat. Ada dua jenis Demensia yakni Alzheimer dan Demensia Vaskular. Banyak penelitian dimana penyebab dari Demensia ini berasal dari keturunan, tetapi tidak menutup kemungkinan terjadi karena kesalahan pola hidup. 

Meski jumlah penderita Demensia tiap tahun bertambah, ternyata ada beberapa tips mudah mencegah terjadinya Demensia. Lalu bagaimana cara mencegah terjadinya Demensia?

1.Konsumsi Ikan Laut

Mengapa konsumsi ikan laut bisa mencegah Demensia? Asupan gizi ke otak mampu terpenuhi secara maksimal dengan kandungan omega 3 dalam ikan. Konsumsi ikan salamon, sarden, dan tuna secara rutin. Selain mengkonsumsi ikan laut, Anda juga bisa mengkonsumsi minyak ikan yang dijual di pasaran dengan harga terjangkau. 

2.Hindari Stress

Satu penyebab terjadinya Demensia di usia lanjut adalah rasa stress berkepanjangan. Penelitian menyebutkan seseorang yang memiliki rasa stress secara berlebihan dan dalam waktu lama akan berpeluang besar terkena Demensia lebih cepat. Mulai dari sekarang hindari stress dengan melakukan kegiatan sesuai hobi Anda. 
Biasanya orang yang tidak memiliki hobi dan cenderung melampiaskannya dalam perasaan seperti marah-marah dan depresi akan lebih rentan terkena penyakit Demensia. Maka dari itu perlu adanya kegiatan positif bahkan bisa menghasilkan. 

3.Tidur Teratur

Istirahat cukup menjadi modal penting dalam upaya mencegah Demensia. Otak membutuhkan istirahat malam selama 8 jam, sebisa mungkin penuhi kebutuhan tersebut untuk menjaga kesehatan otak. 

4.Hindari Konsumsi Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dapat merusak kinerja otak secara perlahan. Jika Anda sering mengkonsumsi alkohol mulai dari sekarang hentikan meminumnya karena akan merusak otak. 
Untuk minuman beralkohol di Indonesia sendiri masih bisa dikendalikan dengan berbagai aturan. Tetapi untuk luar negeri mayoritas penderita demensia disebabkan karena kerusakan otak oleh terlalu tinggi dosis minuman alkohol yang dikonsumsi. 

5.Bersosialisasi

Demensia sangat mungkin terjadi pada seseorang yang jarang sekali berkomunikasi dengan orang lain. Sifat menyendiri bisa jadi satu faktor penyebab Demensia di usia lanjut. Sebisa mungkin ikuti kegiatan secara rutin seperti di sekolah atau tempat tinggal Anda. Rata-rata lokasi tempat tinggal juga mempengaruhi bagaimana cara bersosialisasi seseorang, sehingga harus berhati-hati dalam menjalankannya.

Itulah beberapa tips mencegah penyakit Demensia yang bisa Anda lakukan dengan mudah dan sederhana. Lakukan pola hidup sehat agar kondisi badan Anda tetap bugar pada usia lanjut. 

0 Response to "5 Penyebab Terbesar Terjadinya penyakit Demensia"

Posting Komentar