5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Setiap orang di dunia ini pasti ingin memiliki tubuh yang sehat. Ada begitu banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk memiliki tubuh yang sehat, salah satunya adalah mengkonsumsi makanan dan minuman yang bergizi karena di dalam makanan dan minuman yang bergizi banyak mengandung vitamin, kalsium, mineral, lemak, protein, dan berbagai macam nutrisi lainnya. Kandungan-kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi organ-organ tubuh sehingga tubuh dapat melakukan berbagai aktivitas dan terjaga kesehatannya.

Namun, banyak orang yang tidak mengetahui apabila makanan dan minuman yang dianggap bergizi ternyata berbahaya bagi tubuh. Berikut ini adalah daftar makanan dan minuman yang dianggap bergizi namun berbahaya bagi tubuh:

1.Minuman untuk olahraga

5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Di pasaran terdapat banyak sekali minuman-minuman olahraga yang diproduksi untuk para atlet yang setiap harinya melakukan latihan yang berat dan kehilangan banyak cairan tubuh. Di dalam minuman olahraga banyak terkandung air untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama berolahraga, elektrolit untuk mengganti elektrolit yang hilang ketika berkeringat, dan gula untuk asupan energi. Banyak orang yang tidak mengerti fungsi dari minuman-minuman ini. Mereka mengira minuman-minuman ini cocok dikonsumsi pada saat berolahraga.Ini merupakan suatu kesalahan karena sebenarnya tubuh tidak memerlukan tambahan elektrolit. 

Dan seperti yang sudah saya jelaskan di atas, minuman olahraga mengandung gula yang cukup banyak sehingga berbahaya bagi tubuh terutama orang-orang yang memiliki resiko diabetes. Gula yang didapat dari minuman ini lebih banyak dibandingkan dengan gula yang terbuang selama berolahraga. Minuman ini diproduksi khusus untuk atlet yang setiap hari melakukan latihan yang berat sehingga tidak cocok bagi tubuh kita yang hanya melakukan olahraga ringan. Sebaiknya pada saat berolahraga anda cukup hanya mengkonsumsi air putih biasa saja.

2.Sereal sarapan


5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Sereal merupakan suatu produk makanan instan yang banyak disukai oleh masyarakat. Pada kemasan sereal tertera begitu banyak nutrisi-nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh. Namun, yang perlu diketahui adalah sebenarnya sereal berbahaya bagi kesehatan karena sereal mengandung gula yang banyak dan karbohidrat buatan. Anda tidak boleh tertipu dengan komposisi yang tertulis pada kemasannya, karena bila diperhatikan pasti tertulis banyak kandungan gula. Menjadikan sereal sebagai menu sarapan di pagi hari dapat menyebabkan gula darah meningkat dan hal ini sangat berbahaya bagi tubuh terutama bagi penderita diabetes dan orang-orang dengan resiko diabetes.

3.Jus buah
5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Banyak orang menganggap mengkonsumsi jus buah berarti sama saja dengan mengkonsumsi buah segar. Memang pada jus buah terdapat kandungan yang sama dengan buah segar, tetapi kandungan tersebut berjumlah sangat sedikit. Karena pada jus buah, buah yang digunakan hanya sedikit bagian saja dan sisanya adalah es batu, air, dan air gula. Para penjual jus buah biasanya menambahkan air gula dalam jumlah yang banyak sehingga terasa manis dan nikmat dikonsumsi. Tentunya gula yang berlebih sangat berbahaya bagi tubuh.

4.Kedelai
5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Kedelai sangat bagus bila dikonsumsi. Kedelai biasa dijadikan sebagai bahan dasar pembuatan produk makanan yaitu tahu dan tempe. Kedelai bermanfaat untuk menyehatkan pencernaan, mencegah timbulnya akibat radikal bebas, meningkatkan kecerdasan, menjaga kesehatan jantung, mengontrol kadar kolestrol dan tekanan darah. Tidak hanya bermanfaat bagi tubuh, kedelai juga memiliki efek samping yang merugikan, diantaranya adalah kedelai mengandung oksalat sehingga dapat meningkatkan pembentukan batu ginjal, menyebabkan terganggunya penyerapan zat besi hingga menyebabkan terjadinya anemia (kurang darah).

5.Tomat


5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH

Tomat dapat mencegah kanker prostat, menjaga kesehatan jantung, mencegah hipertensi, mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk melawan sel kanker, memperbaiki jaringan sel kulit, meningkatkan daya tahan tubuh, mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, dan sebagai sumber antioksidan. Mengkonsumsi tomat memang baik untuk kesehatan, namun apabila dikonsumsi secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, karena tomat mengandung vitamin c yang apabila dikonsumsi berlebihan akan meningkatkan asam lambung, menyebabkan perut kembung, dan diare. Anda hanya boleh mengkonsumsi 2 buah tomat per hari atau setara dengan 1000 mg vitamin C.

Sekarang anda sudah mengerti bukan makanan dan minuman apa saja yang bergizi namun juga berbahaya bagi tubuh. Jadi anda harus pintar dalam memilih makanan dan minuman yang akan anda konsumsi, dan ingat, segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

0 Response to "5 MAKANAN DAN MINUMAN YANG BERGIZI NAMUN BERBAHAYA BAGI TUBUH"

Posting Komentar