5 Macam Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Disamping berbagai macam makanan yang mengandung kolesterol, Namun banyak juga makanan yang dianjurkan, sebagai makanan yang tidak mengandung kolesterol. Dengan makanan yang tepat dan perbanyak minum air putih, maka badan tidak hanya sehat namun juga menurunkan berat badan bagi yang sedang diet.

5 Macam Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol

Berikut ini adalah jenis makanan atau minuman yang dimaksud sebagai makanan non kolesterol:

1.Alpukat

Buah alpukat memiliki manfaat yang besar untuk tubuh. Hal ini disebabkan karena alpukat merupakan makanan non kolesterol yang mengandung lemak tak jenuh yang ampuh untuk menurunkan kolesterol berlebih. Biasanya alpukat tidak dikonsumsi secara langsung namun di konsumsi dengan cara di jus tanpa tambahan gula karena rasa manis yang terdapat dalam alpukat. Dan tak hanya itu saja, alukat mengandung serat yang tinggi yang berguna untuk melancarkan pencernaan BAB.

2.Beras Merah

Makanan yang kedua ini tak kalah manfaatnya dengan alpukat yaitu beras merah, jenis beras ini kadang sulit ditemukan, padahal beras merah memiliki manfaat dan khasiat yang besar untuk menurunkan kolesterol dan mampu menurunkan berat badan, cocok bagi yang sedang diet. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin yang terdapat di dalam beras merah yaitu vitamin B, magnesium, selenium dan fitonutrien yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kolesterol.

3.Ikan Tuna

Banyak yang salah kaprah dengan jenis ikan satu ini, ikan tuna disebut sebagai ikan yang mengandung lemak, padahal ikan tuna sangat berkhasiat untuk menurunkan kolesterol. Hal ini telah dibuktikan melalui peneltian yang dilakukan The American Heart Associations dimana mereka merekomendasikan ikan tuna sebagai makanan untuk menurunkan kolesterol. Bahkan disarankan untuk mengkonsumsi ikan tuna setiap minggunya, untuk menyingkirkan kolesterol jahat dalam tubuh.

4.Bayam 

Jenis sayuran berwarna hijau ini sangat mudah ditemukan dimanapun, namun banyak yang belum tahu akan khasiat dari sayur satu ini, dia adalah bayam. Bayam merupakan salah satu jenis sayuran yang dapat menurunkan kadar kolesterol berlebih. Hal ini disebabkan karena di dalam memiliki zat penting yang berguna bagi tubuh yaitu lutein, yang berguna untuk menurunkan kolesterol. Selain itu bayam ini juga berkhasiat untuk melindungi jantung dari banyaknya kerusakan yang timbul dan mencegah lemak yang menempel di pembuluh darah yang dapat membahayakan kondisi kesehatan anggota tubuh yang lainnya.

5.Ikan Salmon

Tidak hanya ikan tuna yang bermanfaat sebagai salah satu jenis ikan yang mampu menurunkan kolesterol, Ikan satu ini juga sama berkhasiatnya dengan ikan tuna. Ikan salmon adalah makanan untuk menurunkan kolesterol berlebih yang bisa Anda konsumsi dan mudah ditemukan disupermarket. Untuk mengkonsumsinya, jangan di olah dengan cara digoreng, karena hanya akan menambah lemak yang terdapat dari minyak goreng dan mengurangi khasiat dari ikan itu sendiri, sebaiknya ikan salmon di olah dengan cara dimasak seperti sup ataupun  disteam agar tetap fresh dan tidak mengurangi kadar omega 3 yang terdapat dalam ikan salmon. Tidak hanya menurunka kolesterol namun ikan salmon juga baik untuk kesehatan jantung

Itulah 5 macam makanan untuk menurunkan kolesterol yang bisa Anda konsumsi. Kurangi makanan berlemak dan junk food yang tidak hanya merugikan kesehatan Anda namun juga menambah kolesterol jahat. Cintai tubuh Anda dan jaga kesehatan Anda. Semoga bermanfaat.

0 Response to "5 Macam Makanan Untuk Menurunkan Kolesterol"

Posting Komentar