Ilmuwan hebat asal indonesia

Indonesia Boleh Berbangga, Cek Halaman Utama Google Sekarang.Coba tebak siapakah pria yang menjadi  Google Doodle pada hari ini tepatnya Jumat, 15 April 2016.Dan apa hubunganya dengan Indonesia patut berbangga ???

                                    Ilmuwan hebat asal indonesia


Mari kita simak bersama siapakah beliau, Sudah lihat bukan halaman pertama Google saat ini ? Nah, disana terlihat jelas seorang pria yang seperti diukir tulisanya membentuk tulisan Google. Perlu kita tahu dan sangat penting pula untuk kita tahu bahwa beliau tokoh adalah Ilmuwan asal Indonesia bernama lengkap Prof. Dr. Samaun Samadikun. Pertanyaan selanjutnya mengapa harus beliau yang dijadikan sebagai Google Doodle ?? jawabnya adalah untuk memperingati hari lahirnya beliau yang tepat pada tanggal dan bulan saat ini tentunya dengan tahun yang berbeda yakni tahun 15 April 1931.

Biografi beliau akan saya ulas sebagai berikut, Dikutip dari Wikipedia Samaun Samadikun lebih dikenal sebagai Bapak Mikroelektronika Indonesia yang lahir dari kampung halamanya yakni Magetan, 15 April 1931 (Jawa Timur). Beliau dikisahkan semasa hidupnya lebih banyak dikenal melalui tulisanya, nah beliau lebih sering menulis untuk bidang berikut : publikasi ilmiah nasional ataupun internasional dalam bidang tunnel diodes, instrumentasi nuklir, fabrikasi IC, energi, industri elektronika, dan pendidikan, serta menjadi editor buku Mikroelektronika.

                                         Ilmuwan hebat asal indonesia

Prof. Samaun memiliki cita cita menjadikan kota Bandung sebagai Kota Chip di Indonesia dan lebih dikenal pula di Indonesia sebagai salah satu Dosen  Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yakni ITB sebagai sosok pendidik teladan yang sangat menonjol, bersahaja serta berwibawa.Disamping itu pernah juga menjabat sebagai salah satu Anggota MPR RI  periode (1987-1992 ) sebagai utusan Golongan serta menjabat sebagai ketua Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau biasa disebut (LIPI)  pada tahun (1989-1995). Beliau  juga dikenal dengan karya sastranya yakni  salah satu puisinya yang berjudul Petani Silikon, Puisi tersebut  menggambarkan tentang elektro.

Penghargaan pun silih berganti di atas genggaman beliau. Penghargaan Adhikara Rekayasa terhadap jasa beliau dalam bidang Ilmu Pengetahuan pun telah dikantonginya tepatnya pada tahun 1984. Disamping itu Prof. Samaun juga pernah mendapat penghargaan medali Pengabdi Ilmiah Nasional dan Mahaputra Utama dari pemerintah Republik Indonesia tepatnya pada tahun 1978.Dan tentunya jika beliau sudah menjadi Google Doodle berarti beliau sudah dikenal masyarakat internasional. 

Nah berikut adalah beberapa prestasi Prof. Samaun dikancah Internasional yakni beliau pernah mendapat The Award of The Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam rangka penghargaan kontribusi beliau dibidang Ilmu Pengetahuan yakni pada tahun 1998. Selain itu Beliau juga mendapat Satya Lencana Karya Satya Kelas I, yakni diberikan sebagai hadiah Ilmu Pengetahuan (1979), Satya Lencana Dwidyasistha yang diberikan oleh Menhankam atau Pengab pada masa itu (1983) serta pada tahun 1999 beliau mendapat Meritorious Service Award, ASRAN COST.

Tentu saja Indonesia patut berbangga dengan segala prestasi beliau. Namun pada 15 November 2006, Indonesia harus berduka Prof. Samaun Samadikun wafat tepat diusia 75 tahun  di Jakarta dan dikebumikan di   Taman Makam Pahlawan Kalibata.

0 Response to "Ilmuwan hebat asal indonesia"

Posting Komentar