Berapa sih usia sel didalam tubuh kita?

Berapa sih usia sel didalam tubuh kita?Seperti kita kenal setiap orang memiliki tanggal lahir. Tanggal lahir tersebut diperingati setiap tahunnya dan digunakan sebagai tanda usia kita hidup di dunia. Perlu kita tahu sebenarnya kita memiliki usia lain dalam tubuh kita, yaitu usia sel. Jika usia yang orang kebanyakan tahu di lihat dari tanggal lahir, namun usia sel dilihat dari kandungan atau komposisi tubuh, termasuk pola makan, tingkat stress dan jadwal tidur. Biasanya usia Anda berbeda dengan usia sel tubuh Anda.

Berapa sih usia sel didalam tubuh kita?

Pada tubuh manusia ada sekitar 50 hingga 75 triliun sel (Stonesong Press, 1995). Sel-sel dalam tubuh kita akan mengalami regenerasi. Regenerasi sel pun terjadi dalam kurun waktu tertentu. Sel-sel yang telah mati akan beregenerasi menjadi sel baru, namun jangka waktu sel beregenerasi tidak sama. Ada sel yang butuh waktu lebih lama dibanding sel lainnya dalam mengalami regenerasi. Siklus yang terjadi dalam setiap sel pun berbeda-beda. Ketika manusia meninggal, sel yang terkandung di dalam tubuhnya tidak langsung seketika mati tetapi butuh waktu beberapa jam terlebih dahulu untuk bisa mati. Untuk sel usus dapat hidup sekitar empat hari, sel kulit dapat hidup berkisar antara dua hingga tiga minggu, beda dengan sel darah putih yang bisa hidup lebih dari satu tahun, kemudian sel sperma yang hidupnya hanya bisa bertahan tiga hari saja, serta ada sel yang hidupnya sama dengan masa hidup Anda yaitu sel otak. Sekilas tentang waktu sel yang dapat bertahan hidup di dalam tubuh kita dan nantinya akan beregenerasi. Ternyata ada pula sel-sel yang tidak mengalami atau tidak pernah regenerasi, antara lain sel gigi dan sel oosit. Pada sel oosit perempuan yang tidak mengalami regenerasi berarti keberadaan seluruh sel telurnya mereka sudah ada dari sananya atau sejak lahir.

Pada dasarnya apabila usia Anda bertambah, secara otomatis kemampuan tubuh Anda dalam melakukan regenerasi sel akan menurun. Anda dapat meminimalisir dengan pola hidup sehat. Dengan menjaga pola makan, rutinitas olahraga serta, frekuensi tidur yang cukup, serta hindari stress berlebih. Usia sel  sebagian besar dapat dilihat dari wajah. Kebanyakan wajah yang terlihat lebih tua dari umurnya artinya usia selnya lebih tua dibanding usianya sesungguhnya. Tetapi itu hanya perkiraan secara kasar saja, tidak untuk jadi patokan. Sebenarnya kandungan lemak dalam tubuh berpengaruh besar. Maka kadang kebanyakan orang yang obesitas atau kandungan lemak di tubuh secara keseluruhan tinggi akan terlihat lebih tua itu karena umur selnya yang jadi penyebabnya.

Normalnya umur sel kurang dari atau sama dengan umur diri kita sesungguhnya. Kembali lagi pada pola hidup sehat yang kita jalani seharusnya. Terkadang pekerjaan sehari-hari menuntut kita atau bahkan menggiring kita dalam tingkat stress yang tinggi dan mengacu pada pola makan yang asal kenyang tanpa memeperhatikan kandungannya terlebih hidangan makanan cepat saji serta waktu olahraga yang tersita masalah deadline pekerjaan.

0 Response to "Berapa sih usia sel didalam tubuh kita?"

Posting Komentar