4 Bahasa Pemrograman yang Paling Diminati di Ranah Perguruan Tinggi

4 Bahasa Pemrograman yang Paling Diminati di Ranah Perguruan Tinggi.Untuk membangun suatu aplikasi, kita juga harus mempertimbangkan bahasa pemrograman apa yang seharusnya kita gunakan. Ada banyak sekali bahasa pemrograman yang sudah kita kenal di antaranya adalah java,c#,pascal,phyton,dll.Proses programming juga mengambil peran penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. Untuk itu, bahasa pemrograman sedikit banyak diajarkan di ranah perguruan tinggi supaya menjadi bekal pada seluruh lulusannya.

4 Bahasa Pemrograman yang Paling Diminati di Ranah Perguruan Tinggi

Kesalahan atau error dalam sebuah program terbagi menjadi 2 jenis, yaitu error syntak dan error logic. Error syntak adalah error akibat kesalahan kode yang kita tulis, kalau error logic adalah kesalahan akibat logika kita yang gagal faham. Modal untuk dapat memogram yang utama dan yang pertama adalah logika. Karena kesalahan yang paling dihindari adalah kesalahan logic. Setiap logika yang kita bangun dapat diterapkan di seluruh bahasa pemrograman. Namun, mungkin setiap bahasa pemrograman mempunyai ciri khasnya masing-masing. Untuk itu, di bawah ini adalah bahasa pemrograman yang sering dipelajari di perguruan tinggi. Mungkin saja kamu bisa menyiapkan diri untuk expert di salah satu bahasa pemrograman yang kamu pilih.

1.JAVA

Bahasa pemrograman ini sangat familiar sekali karena ramah terhadap banyak platform. Editornya pun sudah dilengkapi dengan jdk sehingga akan sangat mudah untuk mengeksekusi kode yang dituliskan. Java juga dilengkapi dengan system windowing untuk user interface, seperti AWT,swing,dll. Syntak java yang mirip dengan bahasa inggris membuat banyak orang yang mempelajarinya hafal dan mengerti maksud dari syntaknya. Pada zaman tahun 90-an banyak sekali mobile phone yang berkembang dari pemrograman java. Yang lebih menariknya lagi, banyak orang yang berminat membuat aplikasi android menggunakan bahasa java dan editor untuk java. Awesome bukan ?

2.PASCAL

Pascal ini adalah bahasa pemrograman yang paling tua. Penggunaannya pun sederhana, sehingga sangat cocok buat pemula. Bagi yang ingin mengasah logika dan langsung mengimplementasikannya ke dalam bahasa pemrograman, maka pascal menjadi salah satu opsi yang efektif. Editor bahasa pascal pun sudah sangat friendly untuk user pemula,sehingga mudah pula untuk mengoperasikannya.

3.C++

C++ adalah bahasa turunan dari bahasa pascal. Bahasa ini bisa dibilang modifikasi lanjut dari bahasa pascal. Banyak perguruan tinggi yang membekali mahasiswanya dengan bahasa C++. Bahasa ini juga sering dipakai di berbagai konsol open source operating system. 

4.C

C adalah bahasa pemrograman yang sangat identik dan tepat untuk membuat system operasi. Bahasa C sering diajarkan di perguruan tinggi hingga ke level S2. Ada beberapa perbedaan syntak yang menonjol jika anda terbiasa menggunakan java kemudian beralih ke bahasa C.

Demikian adalah bahasa yang sering digunakan di perguruan tinggi. Anda bisa mengeksplorasikan sendiri maksud dan karya anda. Akan sangat menakjubkan jika anda friendly dengan beragam bahasa pemrograman. Good Luck !!!

0 Response to "4 Bahasa Pemrograman yang Paling Diminati di Ranah Perguruan Tinggi"

Posting Komentar