Bongkar tuntas informasi Jaringan Komputer

Siapa sih di zaman sekarang ini yang tak tau komputer? Mungking hanya sedikit yaa, kebanyakan orang pasti tau komputer. Tapi, apakah kamu tau apa itu jaringan komputer dan manfaatnya? Lanjut baca yuk biar tambah tau!

Bongkar tuntas informasi Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang menjadikan antar komputer bisa saling bertukar data. Jaringan komputer memiliki beberapa jenis juga, di antaranya :

1. Berdasarkan geografisnya

a. PAN (Personal Area Network)

Jenis jaringan PAN adalah jenis jaringan komputer yang tidak bisa berjarak terlalu jauh. Biasanya jaringan yang satu ini hanya berjarak 4-6 meter saja, dan biasanya digunakan oleh individu. Contohnya : menghubungkan hp dengan komputer.

b. LAN (Lokal Area Network)

LAN merupakan jenis jaringan yang bisa mencakup wilayah lokal. Contohnya : komputer yang saling terhubung di sekolah, di perusahaan, di warnet.

c. MAN (Metropolitan Area Network)

Jenis jaringan komputer yang satu ini sering digunakan untuk menghubungkan jaringan komputer dari suatu kota ke kota lainnya. Untuk membuat MAN memerlukan operator telekomunikasi agar bisa menghubungkan antar jaringan komputer. Sebenarnya, MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan jaringan komputer MAN bisa mencapai 10-50 kilometer. Contohnya : jaringan mall modern yang saling berhubungan antar kota.

d. WAN (Wide Area Network)

Jenis jaringan komputer ini lebih luas dan lebih canggih dibandingkan dengan LAN dan MAN. Contohnya : jaringan yang menghubungkan suatu negara dengan negara lainnya.

2. Berdasarkan fungsinya

a. Klien-server (Client-server)

Jadi, pada jaringan ini ada salah satu komputer yang dijadikan server dan ada komputer lain yang dijadikan client. Setiap permintaan layanan harus melewati komputer yang dijadikan server. Komputer yang bisa dijadikan server bisa lebih dari satu, dan jika lebih dari satu maka bisa dilakukan pembagian tugas antar komputer server tersebut.

b. Jaringan ujung ke ujung (Peer to peer)

Semua komputer yang menggunakan jaringan ini saling mendukung, setiap komputer bisa meminta pemakaian sumber daya bersama. Jaringan ini hanya bisa digunakan jika jumlah komputer tidak terlalu banyak, maksimal 25.

3. Berdasarkan topologi jaringan

a. Topologi bus
b. Topologi bintang
c. Topologi cincin
d. Topologi mesh
e. Topologi pohon
f. Topologi linier

4. Berdasarkan distribusi sumber informasi

a. Jaringan terpusat

Jaringan ini seperti jaringan klient-server. Komputer klien berfungsi sebagai perantara untuk mengakses komputer yang berasal dari server.

b. Jaringan terdistribusi

Merupakan gabungan dari beberapa jaringa terpusat.

5. Berdasarkan media transmisi data

a. Jaringan berkabel

Untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lainnya memerlukan kabel jaringan. Kabel jaringan merupakan perantara untuk mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer.

b. Jaringan nirkabel

Tidak memerlukan kabel jaringan dalam menghubungkan satu komputer dengan komputer lainnya. Jaringan ini menggunakan gelombang elektromagnetik yang akan mengirim sinyal informasi antar komputer.

Selain itu, jaringan komputer juga memiliki beberapa manfaat, antara lain :

1. Menghemat uang
2. Memudahkan pengaksesan informasi
3. Dapat menggunakan sumber daya secara bersama-sama

0 Response to "Bongkar tuntas informasi Jaringan Komputer "

Posting Komentar