5 tips Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin

Ketika komputer Anda aktif, hampir semua komponennya menjadi panas, suhu tinggi dapat menyebabkan kerusakan serius pada komputer Anda. Berikut adalah cara menjaga PC Anda tetap  dingin.


1. Periksa apakah kipas Anda berjalan

Ini adalah langkah pertama ketika Anda menemukan overheating komputer Anda.Buka casing dan kemudian periksa apakah semua kipas masih bekerja. Jika setidaknya satu tidak bekerja lagi, pertimbangkan untuk melakukan perbaikan atau mendapatkan pengganti.

2. Teratur membersihkan komputer Anda.


Hal ini penting untuk secara teratur membersihkan komputer Anda, terutama kipas pendingin. Seiring waktu, debu dan kotoran dapat menumpuk di kipas.Menumpuknya kotoran dapat memperlambat atau bahkan dampak yang lebih buruk membuat kipas berhenti berkerja. Jika kipas gagal dalam mengusir udara panas, beberapa bagian internal akhirnya akan terlalu panas.

Untuk membersihkan kipas pendingin Anda:

1. Matikan PC Anda
2. Buka casing computer
3. Jika ada kotoran yang berlebihan dalam komputer, ambil dan bersihkan kipas.
4. Anda bisa menggunakan vakum elektronik kecil atau kain lap, atau kain basah dalam      
    membersihkan kipas.
5. Jika Anda menggunakan membasahi kain, pastikan bahwa kipas pendingin kering atau tidak ada
    kelembaban yang tersisa sebelum menghubungkannya lagi.

5 tips Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin.

Bersihkan  bagian komputer lain juga seperti monitor, mouse, dan keyboard


Sebelum membersihkan komponen hardware, pastikan bahwa mesin Anda dimatikan. Jika tidak, komputer Anda rentan terhadap sengatan listrik yang dapat merusak bagian-bagiannya.


Jangan semprot atau menumpahkan cairan apapun secara langsung di bagian computer
Jangan membatasi aliran udara di sekitar komputer Anda


Letakkan komputer di ruang yang dapat memberikan aliran udara yang cukup. Pastikan bahwa computer tidak berada tepat di sebelah ke obyek lain yang mencegah sirkulasi udara, seperti dinding atau komputer lain. Harus ada setidaknya dua sampai tiga inci ruang di kedua sisi. Karena sebagian besar udara panas keluar dari ventilasi udara di bagian belakang casing komputer, bagian ini harus benar-benar jelas dan terbuka.

3. Pindahkan komputer ke lingkungan yang lebih dingin dan lebih bersih


Pindahkan PC Anda di tempat dengan ventilasi yang baik.Pastikan bahwa PC Anda tidak ditempatkan di dekat tungku, kulkas, peralatan masak, dan hal-hal lain yang dapat mentransfer panas ke dalam sistem komputer Anda.

Untuk mencegah PC Anda dari overheating, disarankan untuk menempatkannya di ruang ber-AC

Catatan: hati-hati saat memindahkan komputer Anda untuk menghindari kerusakan pada komponen sensitif di dalamnya seperti CPU,hard drive, dan motherboard.

4. Meng-upgrade kipas CPU Anda


CPU adalah komponen yang paling penting dalam komputer. Pertimbangkan untuk membeli yang berkualitas tinggi dan lebih besar, kipas CPU yang dapat menjaga suhu CPU di komputer Anda.

5 tips Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin.

5. Matikan komputer Anda bila tidak digunakan

Sebuah komputer terus menghasilkan panas selama itu berjalan, bahkan jika Anda tidak menggunakannya. Jika Anda hanya akan memiliki beberapa menit untuk  tidak aktif, setidaknya mengatur komputer Anda untuk hibernasi.

Overheating dapat menghancurkan dan memperpendek umur komponen dalam komputer Anda. Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin dapat membantu Anda menghindari perbaikan mahal atau upgrade yang tidak perlu itulah 5 tips Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin.selamat mencoba

0 Response to "5 tips Bagaimana untuk Menjaga Komputer Anda Agar Tetap Dingin"

Posting Komentar