4 Makanan khas kota solo yang menggugah selera

Solo dikenal bukan hanya tentang budaya dan tempat wisatanya yang bertebaran. Kota yang dikenal dengan slogan the spirit of java ini juga menyimpan berbagai macam kuliner yang menggugah selera. Bila anda berkunjung ke Solo mari mampir untuk mencicipi beragam kuliner yang pastinya nendang dari kota tempat lahirnya presiden Indonesia Bpk. Joko widodo . Bingung mau wisata kuliner apa  saja yang mau dicoba di kota solo? Berikut kami rangkumkan makanan khas kota solo yang menggugah selera anda.

4 Makanan khas kota solo yang menggugah selera

1. Sate kere

Loh sate kok kere? Bukannya kambing atau ayam ya? Hehee ya beginilah solo, beragam makanan unik anda dapat temukan disana. Sate kere adalah sate yang terbuat dari tempe gembus dan tetelan yang ditusuk dan dibakar layaknya sate. Jangan tanyakan lagi tentang rasa dati sate kere ini. Karena rasanya itu enaaaak banget, rasa gurihnya membuat lidah ingin lagi lagi dan lagi. Harga sete kere ini juga berada dibawah rata-rata alias murah banget. Anda hanya perlu merogoh uang dua ribu rupiah untuk satu tusuk sate kere. Karena rasanya yang enak dan mantab saya yakin anda tidak  mungkin hanya akan menghabiskan satu tusuk saja untuk sekali makan. Sate kere dapat ditemukan di berbagai sudut kota solo, biasanya penjual sate kere menggelar lapaknya di pinggir jalan atau disekitar alun-alun kota solo.

2.Serabi Notosuman

Deretan ke tiga dari makanan khas kota solo yang menggugah selera adalah serabi notosuman. Serabi notosuman merupakan serabi yang paling enak dan terkenal di kota solo. Serabi merupakan makanan ringan yang berbahan dasar tepung ketan dan air santan kelapa muda. Cara mengolah makanan berbentuk bulat ini cukup unik yaitu dengan dibakar dengan arang. Manis, legit dan tentunya gurih dari kelapa asli menjadi ciri khas dari serabi ini.

3.Timlo solo

Sudah siap mencicpi makanan khas kota solo yang lain? Yuk beranjak ke nomer tiga yaitu timlo solo. Hemmmm apalgi ya itu,,, timlo solo adalah makanan khas kot solo yang merupakan campuran dari kembang tahu, ayam , telur dan kuah dari kaldu ayam. Kuah dari timlo solo inilah yang menjadi cita rasa kenikmtan dari makanan tersebut. Timlo solo disajikan harus dalam keadaan hangat , karena kalau disajikan dalam kondisi yang sudah dingin akan mempengaruhi kenikmatan rasa dari hidangan tersebut.

4.Tengkleng

Olahan tulang kambing yang satu ini mejadi penutup dari berbagai jenis makanan khas kota solo yang menggugah selera. Tengkleng adalah olahan tulang kambing yang dimasak dengan bumbu rica-rica. Cara memakan tengkleng bisa menggunakan tangan secara langsung, yang menjadi nilai top dari tengkleng adalah sumsumnya gurih dan pedas. “Nyesepi sumsum” adalah istilah cara dari menikmati sumsum kambing. Nyesepi mempunyai arti menyedot ,dan memang cara menikmati sumsum kambing adalah denga disedot dengan mulut.

0 Response to "4 Makanan khas kota solo yang menggugah selera"

Posting Komentar