5 Hal Ini Hanya Ada Di Bulan Ramadhan, Sayang Sekali Jika di Lewatkan


Bulan ramadhan adalah bulan yang istimewa, karena itu ada beberapa hal yang hanya akan anda temui di bulan ramadhan dan sayang sekali jika di lewatkan. Berikut daftarnya: 

1.Shalat tarawih


Shalat tarawih adalah shalat sunnat yang khusus di lakukan di bulan Ramadhan. Hukum shalat tarawih adalah sunnah mu’akkad. Shalat tarawih biasanya di laksanakan berjamaah di mesjid. Banyak keutamaan dari shalat tarawih, salah satunya adalah penggugur dosa.

Dari abu hurairah, Rasullullah SAW bersabda,
“Barang siapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosanya yang telah lalu akan di ampuni.” (HR. Bukhari no.37 dan Muslim no.759)

Jadi ayo lengkapi ramadhan dengan shalat tarawih. Banyak keuntungannya.

2.Zakat Fitrah


Zakat fitrah adalah zakat yang di keluarkan oleh laki-laki dan perempuan muslim  yang mampu dengan syarat-syarat tertentu. Hukum zakat fitrah adalah wajib. Zakat fitrah adalah sebagai sebagai pensuci jiwa setelah sebulan berpuasa. Zakat fitrah tidak lagi berlaku jika sudah selesai shalat idul fitri dan akan bernilai sedekah.

3.Malam Lailatul Qadar


Malam yang lebih baik dari seribu bulan. Itulah malam lailatul qadar.

“Dari Aisyah ra. Bahwa Nabi SAW bersabda : Barangsiapa yang menghidupkan malam lailatul qadar, shalat dua rakaat dan minta ampun kepada Allah SWT, pasti Allah mengampuninya. Ia sama dengan terjun ke Rahmat Allah serta malaikat jibril mengusap-usapkan sayapnya, dimana siapa saja yang di usap malaikat jibril tentu masuk surga.”

Mari kita sempurnakan iman kita dengan menghidupkan malam lailatul qadar.

4.Di bukanya pintu-pintu syurga

Maksud dari di bukanya pintu-pintu surga adalah pada bulan yang suci ini kemunkaran yang dilakukan manusia lebih sedikit, karena di belenggunya jin-jin jahat yang merusak dan syahwat yang ikut terbelenggu karena umat manusia sedang mengerjakan puasa. Amal sholeh di lakukan manusia di mana-mana, tadarus Al-qur’an tidak terputus, sehingga banyak sekali kebaikan yang bisa di tuai di bulan ramadhan. 

5.Shalat Idul fitri


Shalat idul fitri memang sudah masuk bulan syawal tetapi shalat ini adalah akhir dari perjalanan umat muslim selama sebulan penuh, tanda kemenangan melawan syahwat dan syetan yang durhaka. Semua umat muslim berbahagia. Saling bermaaf- maafan adalah penyempurna idul fitri. Bahagialah mereka yang meraih kemenangan dan terlahir kembali sebagai orang yang suci.

Sungguh mulia bulan ramadhan. Semoga pada ramadhan kali ini kita menjadi pemenang dan di hapuskan dosa-dosa kita pada tahun sebelumnya. Amin Ya Rabbal ‘alamin.

0 Response to "5 Hal Ini Hanya Ada Di Bulan Ramadhan, Sayang Sekali Jika di Lewatkan"

Posting Komentar