Kamu Sering Berada Disekeliling Perokok? Hati-Hati Loh! Baca Bahayanya Disini

Sepertinya, tidak ada yang tidak tahu apa yang namanya rokok. Rokok merupakan tembakau yang dibalut berbentuk silinder dengan diameter 10 mm dan panjang sekitar 70 mm-120 mm. Alasan orang merokok tentunya berbeda-beda. Untuk anak-anak dan remaja, kebanyakan karena faktor lingkungan atau pergaulan. Sedangkan orang dewasa, bisa karena stress atau karena sudah kecanduan.

Kamu Sering Berada Disekeliling Perokok? Hati-Hati Loh! Baca Bahayanya Disini

Sudah tidak bisa dipungkiri, merokok memang sangat berbahaya bagi tubuh. Semua orang juga tahu, tak terkecuali dengan perokok itu sendiri. Orang yang merokok tidak bisa menghentikan kebiasaannya merokok karena rokok mengandung nikotin. Nikotin itu sendiri merupakan zat aditif yang menyebabkan ketagihan.

Berbagai bahaya yang dapat timbul karena kebiasaan merokok antara lain, kanker pundi kencing, kanker perut, kanker usus, kanker rahim, kanker mulut, kanker esofagus, kanker payudara, penyakit jantung, bronkitis, kemandulan, kerusakan mata, osteoporosis dan kanker paru-paru. Selain itu, rokok berbahaya untuk Ibu hamil karena akan mengganggu kehamilan.

Tapi, tahukah kamu? Seorang perokok aktif bisa membahayakan para perokok pasif juga loh! Perokok pasif adalah orang yang tidak menghisap rokok secara langsung tetapi menghisap asap rokok dari asap yang dikeluarkan dari mulut orang yang sedang merokok.

Berikut efek buruk asap rokok bagi perokok pasif :

1. Pada orang dewasa

Semakin sering seorang perokok pasif menghirup asap rokok, maka semakin meningkatnya risiko orang tersebut terserang kanker paru-paru. Asap rokok yang dihirup berdampak buruk pada dinding pembuluh darah dan membuat darah jadi lebih gampang menggumpal. Selain itu, perokok pasif juga berisiko terkena serangan jantung.

2. Pada Ibu hamil

Saat Ibu yang sedang hamil merokok, asap rokok yang dia hirup dari perokok aktif bisa mengakibatkan komplikasi seperti keguguran, bayi lahir mati, dan bayi lahir dengan berat badan dibawah rata-rata.

3. Pada anak-anak

Anak-anak yang menghirup asap rokok bisa berisiko terserang :

a. Asma
b. Pilek
c. Infeksi telinga dan sistem pernapasan (pneumonia, bronkitis, dll)
d. Alergi
e. Meningitis
f. Sindrom kematian bayi mendadak

0 Response to "Kamu Sering Berada Disekeliling Perokok? Hati-Hati Loh! Baca Bahayanya Disini"

Posting Komentar