5 Perbedaan Bos dan Pemimpin

Selama berada di dunia kerja kita mempuyai atasan yang beragam. Mulai dari yang gampang marah, sampai yang bicaranya bagaikan emas, langka. Sebenarnya siapa atasan kita? Apakah dia seorang bos atau seorang pemimpin. 


Berikut 5 cara membedakan bos dan pemimpin.

1.Seorang bos berfokus pada kinerja sedangkan seorang pemimpin berfokus pada karyawan.

Seorang bos selalu mengatakan untuk mencapai target. Keuntungan adalah tujuan utamanya. Sedangkan seorang pemimpin berfokus pada diri karyawan. Apa motivasinya, apa yang membuat dia bahagia, apa yang membuat dia bisa bersemangat dalam bekerja sehingga dia mampu untuk menghasilkan keuntungan pada perusahaannya. Seorang pemimpin tentunya lebih manusiawi. Karena dia tahu orang bekerja bukan Cuma untuk uang semata.

2.Seorang bos adalah raja sedangkan seorang pemimpin adalah teman


Jarak antara bos dan karyawan sangat jauh, komunikasi yang dibangun juga sangat formal. Tidak ada kata lain yang bisa di ucapkan selain pekerjaan sedangkan seorang pemimpin dia bukan hanya sekedar atasan tetapi dia bisa menjadi teman anda di waktu tertentu.

3.Seorang bos menggunakan orang sedangkan seorang pemimpin menghasilkan orang

Bos hanya melihat apa yang bisa di kerjakan oleh seorang karyawan sedangkan seorang pemimpin melihat apa potensi yang ada pada karyawan itu dan mengembangkan potensi tersebut sehingga dia akan berkembang dan akan memiliki keterampilan yang baik.


4.Seorang bos akan menyuruh anda berjalan sendiri tapi seorang pemimpin akan membimbing jalan anda


Ketika di dunia kerja anda hanya akan di beri pekerjaan dan anda di tuntut untuk melaksanakannya,itu karakteristik seorang bos. Seorang pemimpin berbeda, dia akan membimbing anda sampai anda benar-benar siap dalam menjalankan tugas. Bukan membimbing dalam artian 24/7, tapi dia akan mengawasi anda dan akan mengajarkan apa yang anda belum bisa dan belum anda kuasai.

5.Seorang bos akan mencari pembuat masalah sedangkan seorang pemimpin mencari pemecah masalah

Anda pasti pernah di marahi atasan dalam bekerja. Bagaimana atasan anda ketika marah? Apakah dia akan cendrung menyalahkan anda terus-menerus dan membuat permusuhan atau dia dengan kepala dingin mulai memikirkan bagaimana cara untuk mengatasi masalah yang anda buat . Jika dia seorang pemecah masalah maka dialah pemimpin sesungguhnya.

Bos ataupun pemimpin itu hanyalah sebuah kata. Tapi begitu banyak arti di dalamnya. Tergantung pandangan masing-masing orang. Yang jelas, dalam bekerja sebuah perusahaan tidak hanya mencari keuntungan, perusahaan harus bisa mengelola karyawannya. Seorang pemimpin yang baik mampu mengarahan dan membimbing karyawannya agar bagus dalam bekerja.

Jadi bagaimana? Siapa atasan anda? Apakah seorang bos atau seorang pemimpin?

0 Response to "5 Perbedaan Bos dan Pemimpin"

Posting Komentar