7 jenis masakan nusantara yang menggugah selera

Indonesia tidak hanya menyimpan budaya, panorama, dan adat istiadat, namun juga kaya akan beragam jenis masakan yang pastinya akan menggugah acara menyantap anda. Berikut ini 10 jenis makanan nusantara yang saya rekomendasiakan untuk anda pecinta kuliner indonesia

7 jenis masakan nusantara yang menggugah selera

1. Sate buntel

Sate buntel adalah makanan khas dari kota solo. Sate buntel tebuat dari cincangan daging kambing berbumbu rempah-rempah dengan kuah lemak yang membungkusnya. Sate buntel sama halnya dengan sate pada umumnya yang pada pengolahannya dibakar. Hanya saja rasa lembut dan campuran bumbu yang sphicy lah yang membedakan sate buntel ini. Tekstur daging yang lunak dengan lemak gurih serta rasa pedas dari bumbu nya begitu pecah di mulut. Pantas saja jenis makanan nusantara ini begitu tekenal di indonesia termasuk kota solo.

2.Soto lamongan

Urutan kedua dari 7 jenis masakan nusantara yang menggugah selera adalah soto lamongan. Hampir disetiap penjuru kota diindonesia pasti mempunyai jenis makanan ini, hanya saja resep dan cita rasa dari masing-masing kota yang membedakan. Soto lamongan adalah makanan khas dari jawa timur. Soto lamongan terbuat dari racikan mie , tauge,  ayam , telur, irisan jeruk nipis dengan  kuah yang kuning dan kental serta bertabur koya diatasnya. Soto gurih koya dengan kesegaran meruk nips menjadi cita rasa istimewa dari soto ini.

3.Rendang

Rendang adalah makanan khas dari kota padang, rendang adalah jenis makanan yang terbuat dari olahan daging sapi dan campuran rempah- rempah serta santan. Rasa pedas yang dihasilkan dari masakan nusantara ini siap mengguncang lidah anda.

4.Gudeg

Satu lagi masakan khas nusantara yang menggugah selera yaitu gudeg. Gudeg adalah makanan khas dari  kota jogjakarta jawa tengah . Makanan yang satu ini dikhususkan untuk meraka pecinta makanan manis. Gudeg adalah makanan hasil olahan dari nagka muda yang diolah dengan santan. Dan daun jati. Proses memasak gudeg itu sendiri memerlukan waktu berhari-hari. Hal ini agar citarasa dari makanan tersebut semakin terasa. Gudeg biasanya dilengkapi fengan telur, ayam dan kampung . Soal rasa makanan tradisional ini belum ada yand dapat menyainginya.

5.Nasi kebuli

Sampai juga kita dipembahasan ke lima tentang 7 jenis makanan nusantara yang menggugah selera. Pada urutan kelima kali ini diduduki oleh makanan khas dari ibu kota jakarta nasi kebuli. Nasi kebuli adalah makanan berbahan nasi putih yang dimasak dengan kaldu kuning, minyak samin, serta susu kambing, daging kambing goreng menjadi pelengkap dari makanan ini, topping kurma yang ditaburkan diatasnya membuat nasi kebuli terasa lebih istimewa.

6.Coto makasar

Coto makassar adalah makanan khas dari kota makasar. Coto adalah nama lain dari soto, meskipun bernama coto namun bahan yang dibuat tidak mirip sama sekali dengan soto pada umumnya. Coto atau soto makasar terbuat dari jeroan sapi yang direbus dengan bumbu dan potongan daging sapi. Rasa gurih dari coto ini menjadi citarasa berkelas dan patut untuk dicoba untuk anda yang hobby  mencoba berbagai masakan nusantara

7.Tengkleng

Kota solo menyimpan satu lagi jenis masakan nusantara yang menggugah selera yaitu tengkleng. Makanan yang terbilang unik ini berbahan dasar tulang kambing. Bumbu pedas dan gurih dari tengkleng merupakan salah satu daya tarik kebanyakan orang untuk menikmati makanan ini. Kini Tengkleng bukan hanya dapat anda temui di kota solo saja, beragam jenis olahan tengkleng kini sudah berkembang hampir keseluruh indonesia.

 Nah, bagaimana , menu yang mana dulu yang akan kalian jadikan santapan andalan? Sungguh menggugah selera bukan? Selamat mencoba ya,,




0 Response to "7 jenis masakan nusantara yang menggugah selera"

Posting Komentar