6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Kerja

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Kerja.Bagi sebagian orang yang melamar kerja, hal menakutkan bagi mereka adalah ketika wawancara. Banyak ketakutan yang dialami ketika akan wawancara kerja. Takut ditolak, grogi, takut salah jawab dan takut akan lainnya, yang membuat seseorang menjadi tidak percaya diri ,cenderung pasrah, tidak maksimal dan sia-sia. Padahal, wawancara kerja itu tidak semenakutkan yang dibayangkan apabila tahu bagaimana membuat pemberi kerja tertarik akan Anda.

6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Kerja


Agar wawancara Anda berhasil dan pemberi kerja tertarik untuk mengangkat Anda menjadi karyawan. Berikut ini ada enam hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan saat wawancara kerja. 

1.Berjabat tangan

Dalam lingkungan bisnis, hal yang wajib dilakukan yaitu dengan memberikan tangan kanan dan berjabat tangan. Saat berjabat tangan dengan pemberi kerja, usahakan tangan Anda jangan terlalu kencang atau terlalu lemas. Karena dari cara Anda berjabat tangan memperlihatkan karakter Anda sebenarnya.  Lakukan dengan baik dan yakin bahwa Anda layak diterima.


2.Tenangkan Diri

Sudah menjadi hal lumrah ketika wawancara, kebanyakan orang akan nervous. Dengan Anda nervous dan grogi, itu akan dinilai oleh pemberi kerja bagaimana cara Anda saat menghadapi tekanan. Oleh karena itu, Anda harus bisa mengatasi kepanikan dalam diri Anda sendiri. Dan lakukan dengan percaya diri

3.Pakaian sopan dan rapi

Gunakanlah pakaian yang sopan dan rapi. Perlihatkan diri Anda yang professional dari cara Anda berpakaian. Karena berpakaian profesional dan sopan dapat meningkatkan kepercayaan diri.

4.Percaya diri

Salah satu cara untuk meningkatkan rasa percaya diri adalah dengan memantapkan diri sendiri untuk tampil percaya diri, namun jangan sampai Anda over confidence  sehingga terkesan angkuh. Dengan berjabat, sedikit senyum dan percaya diri itu akan menampilkan kesan yang baik bagi pemberi kerja.

5.Kontak Mata

Saat menyimak perkataan pemberi kerja,  pastikan Anda menatap mata pewawancara tersebut jangan menatap ke arah lain secara berulang-ulang. Menatap mata dan membuat kontak mata dengan pihak pemberi kerja menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat yang kuat dan yakin bahwa Anda layak diterima bekerja . Selain itu, menatap mata menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan mengerti akan perkataan pemberi kerja. 

6.Berterima kasih pada pihak pemberi kerja

Ada 3 kaliamat yang wajib diucapkan, yaitu tolong, maaf dan terima kasih. Berterima kasihlah pada pemberi kerja, atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan pada Anda. Jika dirasa bahwa pekerjaan itu cocok dan sesuai yang Anda inginkan, katakana dengan mantap dan singkat bahwa posisi yang ditawarkan sesuai dengan apa yang Anda inginkan dan Anda siap untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut.

Pastikan Anda mengakhiri wawancara kerja dengan kesan yang positif bagi pihak pemberi kerja. Selain itu, Anda juga bisa memberikan alamat sosial media Anda jika dirasa perlu. Semoga berhasil!
.


0 Response to "6 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Wawancara Kerja"

Posting Komentar