4 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Para Penderita Diabetes

Untuk seseorang yang menderita penyakit diabetes memang harus mengatur pola makannya dengan baik, apalagi dalam hal gula. Seseorang yang menderita penyakit diabetes dituntut harus mengontrol kadar gulanya dengan baik, dalam artian lain yaitu diet gula.
4 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Para Penderita Diabetes

Berikut adalah hal yang harus dilakukan para penderita diabetes:

1.Mengkonsumsi makanan sehat yang rendah gula

Makanan yang disarankan antara lain:

A.Cokelat hitam

Cokelat hitam mengandung banyak flavanoid yang bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas insulin dan mempercepat pengolahan gula atau glukosa. Penelitian juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi cokelat hitam akan merendahkan keinginan tubuh untuk mengkonsumsi makanan yang manis.

B.Oatmeal

Oatmeal mengandung karbohidrat kompleks dan serat larut tinggi yang berguna untuk mensekresi insulin dengan baik. Serat dalam oatmeal itu lambat dicerna oleh tubuh, sehingga kadar gula dalam darah lebih terkendali.

C.Ikan

Ikan dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit, terutama stroke yang dapat menimbulkan komplikasi diabetes. Namun dengan catatan, jangan mengkonsumsi ikan yang di goreng, ikan cepat saji, apalagi seafood, justru makanan yang seperti itu dapat meningkatkan resiko terkena stroke.

D.Minyak zaitun

Minyak zaitun berguna untuk mencegah resistensi insulin dan penimbunan lemak di dalam tubuh. Minyak zaitun biasanya menjadi salah satu alternatif untuk mengganti lemak tak sehat yang berasal dari mentega, margarin, dan yang lainnya.

E.Ubi jalar

Ubi jalar dapat mempercepat pemrosesan glukosa dalam darah. Selain itu, ubi jalar juga mengandung banyak vitamin A dan serat. Ubi jalar biasa digunakan sebagai pengganti kentang karena memang kandungan glukosa dalam ubi jalar lebih sedikit di banding dengan kentang.

F.Kayu manis

Kayu manis mengandung banyak kromium yang dapat meningkatkan insulin. Selain itu, kayu manis juga mengandung antioksidan pelawan radikal bebas yang dapat menurunkan inflamasi, sehingga akan menjaga dari penyakit diabetes dan penyakit jantung. Mengkonsumsi kayu manis juga bisa menurunkan kadar gula puasanya sekitar 30( di banding dengan penderita diabetes yang tidak mengkonsumsi.

2.Meluangkan waktu untuk berolahraga

Berolahraga secara teratur dapat membantu kerja insulin dan menjaga berat badan agar tetap stabil. Tetapi sebelum berolahraga, konsultasilah kepada dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalahan yang dapat membahayakan si penderita diabetes itu sendiri.

3.Mengkonsumsi obat diabetes sesuai anjuran dokter

Dengan mengkonsumsi obat diabetes anjuran dokter, maka akan mencegah kadar gula darah dalam tubuh meningkat. Selain itu, penderita diabetes akan merasa lebih nyaman di banding penderita diabetes yang tidak mengkonsumsinya.

4.Mengecek kadar gula dalam tubuh secara teratur

Dengan mengecek kadar gula darah dalam tubuh secara teratur maka penderita diabetes akan mengetahui seberapa kadar gula dalam tubuhnya dan akan lebih tahu bagaimana cara mengatasinya.
Itulah beberapa tips kesehatan untuk penderita diabetes. Semoga bermanfaat..

0 Response to "4 Hal yang Harus Dilakukan Untuk Para Penderita Diabetes"

Posting Komentar