3 Jenis Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Dewasa ini, orang sudah merasakan bagaimana sulitnya memenuhi kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup serba mahal karena krisis global, bahkan banyak orang tua kewalahan dalam menyekolahkan anak-anaknya karena biaya sekolah melambung tinggi. Mungkin Anda yang saat ini duduk di bangku kuliah ikut berpikir, bagaimana caranya agar membantu orang tua dalam meringankan biaya kuliah. Kenapa tidak Anda coba berbisnis sampingan, sebuah bisnis yang memberdayakan skill, kreativitas, bakat, waktu luang Anda tanpa harus mengganggu aktivitas kuliah Anda yang menjadi aktivitas utama.

3 Jenis Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa

Dibalik perjuangan keras yang dilakukan dalam bisnis sampingan, seperti berkurangnya waktu bermain dan berkumpul dengan teman, terdapat banyak hal positif yang bisa diperoleh. Di samping kita bisa mempunyai penghasilan sendiri, 

pengalaman yang kita dapatkan saat berbisnis sangatlah bermanfaat untuk mendukung proses perkuliahan itu sendiri. Dengan pengetahuan dan pengalaman langsung, kita akan lebih mudah memahami isi perkuliahan tersebut. Karena pada dasarnya, isi perkuliahan memang menjelaskan istilah-istilah dan hal-hal yang terjadi dalam dunia bisnis. Namun, Anda tidak harus meninggalkan bangku kuliah bila ingin menjalankan suatu bisnis. 

Anda bisa menjalankan usaha Anda sambil kuliah tetap berjalan. Hitung-Hitung, Anda nantinya akan punya pendapatan selain dari pemberian orang tua. Anda pun bisa membayar uang kuliah Anda sendiri demi mengurangi beban orang tua atau Anda bisa membantu orang tua Anda yang kurang mampu secara finansial.

Berikut jenis bisnis sampingan yang cocok dijalankan bagi mahasiswa yang sedang kuliah.

1.Menjual Barang

Menjual barang merupakan sebuah kegiatan yang dewasa ini banyak diminati. Kelebihan jenis usaha ini adalah modal yang digunakan tidak terlalu tinggi dan resiko yang dihadapi cukup rendah. Macam bentuk usaha ini antara lain berjualan suvenir, aksesori, sepatu, pakaian, makanan, pulsa, dan lain sebagainya.

Usaha menjual makanan memang banyak diminati karena makanan pasti selalu dibutuhkan oleh masyarakat. Walaupun pada awalnya untung yang didapat tidak seberapa, namun jika Anda tekun dan ulet, usaha makanan ini cukup menjanjikan.

Hal-hal yang harus dipersiapkan ketika Anda memutuskan berbisnis sampingan menjual barang adalah sebagai berikut:

A. Jadikan bisnis Anda sebagai hobi bukan suatu beban, dengan menganggap sebagai hobi. Anda akan lebih serius dalam menjalani dan mengelolanya.

B. Anda harus melihat potensi yang mendatangkan keuntungan dan mencari pasokan barang tersebut.

C. Tentukan segmen pasar anda. Tentukan apakah sasaran Anda itu orang tua, remaja, ibu-ibu, bapak-bapak, atau orang-orang lainnya.

D. Ketika Anda menetapkan harga, janganlah memberi harga yang sangat mahal demi keuntungan yang banyak, tapi berikanlah harga yang cukup bersaing. Lebih baik Anda mengambil keuntungan sedikit dengan penjualan yang maksimal.

2. Menjual Jasa/Keahlian

Menjual jasa kepada orang lain memang gampang-gampang susah. Yang terpenting, Anda harus benar-benar menguasai jasa yang Anda berikan. Jangan sampai Anda menjual jasa namun Anda tidak ahli di jasa yang Anda tawarkan tersebut. Kelebihan jenis bisnis ini bisa dijalankan dengan modal yang cukup minim. Namun jangan lupa, lakukanlah promosi dan bersikap profesional. Anda harus benar-benar ahli dan mengetahui betul bidang jasa yang Anda tawarkan ke konsumen, jika Anda menggeluti bisnis penerjemahan, Anda harus benar-benar mahir dalam bahasa asing yang diperlukan.
Bisnis sampingan menjual jasa/keahlian memerlukan modal dari taraf kecil hingga taraf besar. Taraf modal kecil mulai dari penulis scenario, menulis artikel di media massa, ghost writer, jasa master of ceremony (MC), hingga les privat. 

Sedangkan usaha yang bermodal besar contohnya adalah event organizer, jasa pembuatan website, jasa wedding singer, jasa fotografi, konsultasi dan bimbingan skripsi, jasa olah data dan penelitian, jasa desain grafis, jasa ilustrasi dan cover buku, serta jasa reparasi barang elektronik.

3. Usaha Online

Banyak orang mencari peluang usaha yang mudah dilakukan, tidak memerlukan modal besar, bahkan tanpa perlu sewa tempat. Usaha online merupakan solusi tepat di saat sulit seperti ini. Potensi usaha online diperkirakan akan terus meningkat seiring dengan dukungan akses internet yang makin mudah, murah, dan tersebar ke pelosok. Dengan demikian, pelaku usaha online sangat diuntungkan dan berpotensi meraup untung besar.

Modal yang diperlukan untuk memulai usaha toko online ini hanyalah modal untuk membeli seperangkat komputer, memasang jaringan internet, membeli produk yang akan dijual, dan tentunya sebuah website toko online yang sudah ter-upload di server. Mengingat modal yang dikeluarkan untuk memulai bisnis online ini tidak terlalu besar, tidak memerlukan biaya sewa toko, dan karyawan juga tidak sebanyak usaha toko offline, tidak heran jika pelaku usaha ini menjual harga produk lebih murah dan mengambil keuntungan lebih daripada toko offline.

3 Jenis usaha sampingan seperti yang telah diuraikan di atas bisa Anda lirik sesuai dengan hobi, minat, dan bakat Anda. Yang terpenting, Anda sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda. Mulailah membuka peluang bisnis yang Anda inginkan, karena tanpa realisasi, semua hanya akan menjadi keinginan saja.

0 Response to "3 Jenis Bisnis Sampingan yang Cocok untuk Mahasiswa"

Posting Komentar