Tips Menghadapi Gempa Bumi yang Datang

Akhir-akhir ini Indonesia sering terjadi bencana alam. Salah satunya bencana alam gempa bumi. Yang lebih mengerikan, bencana alam ini memang susah untuk ditebak kehadirannya. Mau itu dalam keadaan tenang, ataupun dalam keadaan panik. Namun sebenarnya apa itu gempa bumi?


Sederhananya, gempa bumi merupakan pergeseran secara mendadak pada lapisan tanah di bawah permukaan bumi yang disebabkan pergerakan lempengan bumi tektonik, aktivitas gunung merapi, dan reruntuhan batuan. Nah, sebab Indonesia adalah negara yang berada  pada hubungan antara tiga lempengan bumi, maka kerap terjadi tabrakan yang mengakibatkan goncangan gempa bumi.

Sebab waktu kehadirannya tidak dapat diprediksi, pantas saja kita harus selalu siap apabila bencana alam ini datang dengan tiba-tiba. Nah, apa saja yang dapat dilakukan jika terjadi gempa? 

Berikut adalah hal yang dapat dilakukan sebelum dan sesudah terjadi gempa?

Sebelum datangnya gempa

– Ketahui rumah kita, khususnya dari bagian-bagian yang beresiko bahaya seperti maupun bagian rumah    yang muda runtuh
– Ketahui juga lingkungan yang ada di sekitar. Terdapatkah tanah lapang yang dapat dijadikan sebagai       tempat untuk mengungsi yang paling aman. Yakinkan juga jalur untuk menuju titik mengungsi yang        telah kamu tahu. 
– Apabila berada di dalam ruangan amati di mana terdapat pintu untuk keluar maupun tangga darurat. –      Tulislah nomor telepon yang penting yang harus dihubungi ketika terjadi gempa bumi.

Ketika terjadi gempa : 

– Di dalam rumah: Ketika gempa terjadi, berusahalah untuk menyelamatkan diri dan lindungi keluarga.      Kalau jauh dari pintu keluar berlindunglah di bawah meja, atau benda-benda sekitar lainnya misal :          tempat tidur, kursi, atau tangan dengan posisi ememgang kepala. 
– Di mall, bioskop atau lantai dasar: jangan panik! Ikuti petunjuk petugas atau satpam. Jangan gunakan      lift. Keluarlah dengan menggunakan tangga darurat dan segeralah mencari posisi terbuka yang aman. – Di luar rumah: telungkup dan sebisa mungkin jagalah kepala, sambil terus bergerak ke tempat yang        aman. 
– Di dalam kendaraan: Jangan Khawatir, genggamlah pada tiang atau apapun yang ada di dekatmu.            Apabila kendaraan dalam keadaan berhenti cobalah  menuju tempat yang terbuka. – Di gunung atau        pantai: bergeraklah ke tempat yang aman, jika berada di tepi pantai ada kemungkinan untuk tsunami,      bergeraklah ke tempat yang lebih aman.

Setelah Gempa: 

– Pergilah ke tempat yang aman. 
– Waspada terhadap gempa susulan 
– Jangan mendekat pada reruntuhan.

0 Response to "Tips Menghadapi Gempa Bumi yang Datang"

Posting Komentar