5 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

5 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet

1. Belanja dengan Aman

Kartu merupakan model pembayaran yang paling sering digunakan untuk berbelanja online. Untuk hal ini Anda perlu mengetahui bahwa kartu kredit memiliki sifat statis. Pengertiannya, nomor yang tercantum akan berganti kecuali jika Anda menutup dan membuka akun yang baru. Hal ini yang perlu diperhatikan sebab saat informasi akun itu bocor melalui online, kemungkinan dapat disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan supaya  meminimalkan resiko kebocoran informasi, salah satunya yaitu dengan memastikan bahwa situs jual-beli secara online termasuk laman yang aman. Anda dapat  memperhatikannya dengan mencari sebuah icon gembok kecil yang biasanya ada di pojok kanan atas URL bar.

2.  Amati Laman Tersebut Sebelum Pembelian

Hal yang harus diingat ketika melakukan transaksi dengan perusahaan yang sudah Anda tahu. Meskipun akan melakukan transaksi dari website yang masih kurang terdengar, pastikan kalau Anda sudah melakukan pengamatan kecil tntang asal usul toko online tersebut.Toko online yang terpercaya umumnya mencantumkan alamat kantor atau paling tidak nomor kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa menghubungi nomor kontak yang tecantum untuk mengetahui kebenarannya, kemudian tanyakan kepada mereka tentang bagaimana cara toko online menanggapi komplain ataupun retur barang

3. Kredit/Debit

Berbelanja melalui online memang paling mudah apabila menggunakan kartu. Meskipun begitu, Sebaiknya Anda menggunakan kartu kredit daripada menggunakan kartu debit. Hal ini diksebabkan kartu kredit adalah ekstensi dari kredit sedangkan kartu debit otomatis mengambil uang melalui akun bank Anda sendiri. Pastinya ini sangat beresiko karena bila informasi tersebut bocor, hacker bisa dengan mudah memanipulasi akun Anda.

4. Hati-hati Dalam Memberikan Informasi

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, pada awalnya Anda perlu mengisi beberapa data yang dibutuhkan misalnya nama dan alamat. Terkadang, toko online jugamemiliki cara untuk mendapatkan informasi lebih yang dipergunakan untuk strategi dalam meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup sampai pemasukan tahunan dan pengeluaran tahunan.Jangan asal menjawab pertanyaan apabila mencurigakan. Kalau memang menemukan took online yang seperti itu, ada baiknya Anda tinggalkan dan cari ditempat lain..

5. Simpan Password Dengan Baik

Sudah banyak situs shopping online yang mengharuskan untuk setiap konsumen log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password baru untuk menhindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Melakukan transaksi melalui laman jual-beli merupakan seni belanja yang sesungguhnyaa sangat memuaskan. Bila dilakukan dengan cermat, Anda akan memperoleh kepuasan yang tak kalah dibanding dengan membeli di toko.Selamat menikmati pengalaman belanja online yang aman, nyaman, dan memuaskan

0 Response to "5 Tips Cara Aman Berbelanja Online di Internet"

Posting Komentar