3 Posisi penting untuk tidur Ibu Hamil

Posisi tidur ibu hamil 5 bulan adalah salah satu hal yang berpengaruh terhadap perkembangan janin. Saat janin memasuki trisemester 2 itulah dimulai fase-fase pertumbuhan dengan ditandai dengan bertambahnya berat janin dan mulai terbentuknya alat-alat indera. Pada awal-awal kehamilan, posisi tidur tidak terlalu dipermasalahkan karena perut masih belum membesar.

Bagi ibu hamil yang memasuki usia 5 bulan pasti akan sulit mendapatkan kualitas tidur yang bagus apalagi dengan kondisi perut yang semakin besar.  Seorang ibu hamil yang sudah memasuki trisemester dua wajib mengetahui posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang aman untuk perkembangan janin. Berikut ini beberapa posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang nyaman dan dapat dilakukan
   
1.Terlentang

3 Posisi penting untuk tidur Ibu Hamil

Gambar 1. Posisi Tidur Terlentang

Pada sebagian ibu hamil pasti akan merasa nyaman dengan tidur terlentang. Tetapi bagi sebagian orang menganggap tidur terlentang itu berbahaya apalagi sudah memasuki trisemester 2. Hal tersebut diakibatkan tertekannya organ-organ dalam tubuh karena seluruh berat rahim tertekan ke bagian belakang. Tidur terlentang sebenarnya tidak berbahaya asalkan dilakukan dengan benar yaitu posisi kepala lebih tinggi dari badan. Posisi tersebut akan lebih nyaman lagi jika kaki ditekuk ke atas.

2.Tengkurap

3 Posisi penting untuk tidur Ibu Hamil

Gambar 2. Posisi Tidur Setengah Tengkurap

Tidur tengkurap jarang dianjurkan karena disebabkan beberapa alasan seperti janin terhimpit   oleh berat beban ibu hamil, terganggunya kelancaran peredaran darah antara sang ibu dan janin. Meskipun janin terlindungi oleh cairan ketuban tetapi resiko tidur dengan tengkurap sangat berbahaya. Tidur tengkurap juga bisa dilakukan tetapi ada caranya tersendiri. Miringkan badan kekiri atau kekanan kemudian gunakan bantal untuk menopang paha dan area perut bagian bawah selanjutnya posisikan badan setengah tengkurap. Posisi ini tidak sepenuhnya tengkurap sehingga sangat nyaman sekali dilakukan dan tidak berbahaya bagi janin.
  
3. Miring Ke Kiri

3 Posisi penting untuk tidur Ibu Hamil

Gambar 3. Tidur Miring Ke Kiri

Posisi tidur miring ke kiri  adalah posisi tidur ibu hamil 5 bulan yang paling banyak dianjurkan bagi ibu hamil di semua usia. Posisi tidur ini akan membuat aliran darah lebih lancar sehingga oksigen untuk bayi dapat tercukupi.  Selain itu nutrisi dapat tersalurkan lebih maksimal karena besarnya pembuluh darah vena besar yang tidak tertekan pada bagian punggung sebelah kanan. Permasalahan yang sering terjadi adalah terjadinya pembengkakan pada kaki dan itu bisa diatasi karena posisi ini membantu ginjal dalam ekresi sisa produk dan cairan tubuh.

Ibu hamil perlu sekali mendapatkan kualitas tidur yang cukup supaya tidak menghambat perkembangan janin. Jika sudah melakukan posisi tidur yang sudah dianjurkan akan lebih nyaman lagi jika didukung dengan hal-hal berikut ini:

Kenyamanan ranjang dan kasur sangat mempengaruhi sekali kenyamanan posisi tidur ibu hamil 5 bulan. Selain itu memberikan efek kepada kesehatan tulang supaya terhindar dari sakit otot dan punggung.Posisi tidur ibu hamil 5 bulan akan lebih bagus dilakukan jika didukung dengan merilekskan tubuh senyaman mungkin dan tidak memikirkan hal-hal yang berat sehingga kualitas tidur yang didapatkan bisa maksimal. Kualitas tidur sangat penting sekali supaya tidak kelelahan dan saat pagi hari bisa bangun dengan segar.

Penting sekali mengetahui Posisi tidur ibu hamil 5 bulan karena sangat berguna bagi janin yang dikandung dan berpengaruh pada kesehatan sang ibu hamil. Semua posisi tersebut tidak akan berbahaya asalkan dilakukan dengan cara yang benar.

0 Response to "3 Posisi penting untuk tidur Ibu Hamil "

Posting Komentar