Makanan Sehat Sangat Baik Bagi Tubuh

Makanan merupakan suatu kebutuhan yang wajib bagi manusia.Hal ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup. Oleh sebabnya Makanan Sehat memiliki manfaat yang penting bagi tubuh seseorang agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Makanan Sehat Sangat Baik Bagi Tubuh

Fungsi Makanan Sehat

1.Sumber Kekuatan Energi

Makanan sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan energi. Dari sumber energy inilah yang membuat seseorang mampu melakukan pekerjaan sehari-hari sesuai dengan keinginannya.Energi ini didapat dari pembakaran zat karbohidrat dan juga lemak. Dari kedua zat makanan itulah yang merupakan bahan yang terdapat dalam tubuh. Oleh sebab itu, semua zat makanan meiliki fungsi yang erat sebagai sumber kekuatan energy.

2.Sebagai pembangun tubuh

Gizi makanan yang terdapat dalam tubuh dimanfaatkan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan juga penggantian sel dalam tubuh yang telah rusak. Yang dimana zat makanan memiliki peran sebagai pembangun tubuh ini seperti protein dan juga mineral.

3.Untuk pelindung

Zat makanan yang bermanfaat untuk mengatur keseimbangan pada proses metabolisme dan biologis pada tubuh yaitu protein, vitamin,dan juga mineral. Seperti halnya proses metabolisme bagaimana mengatur kerja hormon dan juga pertumbuhan tulang, bagaimana cara mempengaruhi aktivitas pada jantung serta mengatur cara meghantar impuls ke sel syaraf.

Unsur-unsur yang yang diperlukan bagi tubuh, yaitu:

a.    Oksigen
b.    Hidrogen
c.    Karbon
d.    Nitrogen

Dari unsur-unsur tadi sebenarnya masih banyak unsur lebih yang dibutuhkan oleh tubuh. Walaupun unsur sebelumnya agak sedikit namun memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan mampu berjalan menurut manfaat kenormalannya dan tak bisa diganggu lagi. Unsur-unsur tersebut terdapat pada makanan yang mempunyai peran untuk membantu dan untuk menjalankan proses metabolism pada tubuh. 

Berikut juga beberapa bahayanya yang ditimbulkan akibat ketidakseimbangan metabolisme, yaitu :

1. Sulit Berpikir
2. Memperlambat petumbuhan fisik
3. Menghambat Zat besi masuk yang mengakibatkan telat datang bulan
4. Mengalami Osteoporosis

Jadi makanan yang masuk mampu mengendalikan tubuh kita sesuai dengan makanan yang masuk dalam tubuh. Dengan konsumsi Makanan yang Sehat pastinya bagian dalam tubuh kita mampu melakukan fungsinya dengan lancar, Dan juga sebaliknya, makanan yang kita makan dengan kapasitas lemak jenuh yang amat tinggi, manis-manis, kolestrol dan juga kalori akan menyebabkan munculnya penyakit yang dapat terdeteksi.

Oleh karena itu, Makanan Sehat yaitu makanan yang terdapat gizi bermanfaat bagi tubuh dan bebas racun atau zat yang berbahaya bagi tubuh. Makanan sehat dan memiliki gizi seimbang juga tidak harus merupakan makanan yang enak dan juga mahal. Karena makanan sehat yaitu menurut pakar gizi terdiri empat macam makanan yaitu makanan pokok (gandum, tepung, nasi dan sebagainya), lauk pauk (seperti, tahu, tempe, telur, ayam, ikan dan lainnya), sayur-sayuran dan juga buah-buahan.

0 Response to "Makanan Sehat Sangat Baik Bagi Tubuh"

Posting Komentar